Kamis, 26 November 2009

Pengantar..

Bicara sunnah, maka sebagian orang (atau ulama, tokoh agama dan lain-lain) akan mengkaitkan dengan bid’ah..
Masalah Bid’ah sendiri sudah sangat lama menjadi perdebatan dikalangan muslim, dan membicarakan bid’ah seakan tiada habisnya.. Karena beberapa ulama ada yang melonggarkan definisi bid’ah dengan membagi bid’ah menjadi 2 (dua) kategori- Khazanah dan Dholalah -. Disisi lain, sebagian golongan ulama malah lebih saklak dalam menyikapi bid’ah, mereka menganggap setiap bid’ah adalah dholalah atau sesat..


But wait dude..
Saya tidak akan membicarakan bid’ah disini.. Karena seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, masalah bid’ah seperti tidak ada habisnya. Dan saya pun bukanlah orang yang berilmu untuk memberikan pernyataan–pernyataan tentang hukum bid’ah itu sendiri.

“Dan orang-orang yang berselisih dengan adanya kitab, sungguh, mereka berada dalam kesesatan yang jauh..” (Q.S Al-Baqarah : 176)

“Janganlah kamu berbantah-bantahan dan jangan saling rebutan nanti kamu akan gagal dan hilang pengaruh..” (Q.S Al-Anfal : 46)

“Maka jika kamu berselisih tentang sesuatu perkara, kembalikanlah kepada Allah dan Rasul..”
(Q.S An-Nisa’:59)

Well…
Saya hanya berniat untuk menulis berbagai adab dan sunnah dalam kehidupan sehari-hari.
Tapi sekali lagi saya tekankan bahwa saya bukanlah orang yang yang berilmu. Bahan-bahan tulisan saya saya rangkum dari beberapa referensi. Mohon bantuan juga dari akhi-ukhti sekalian dalam menjaga dan meluruskan apa-apa yang salah dalam tulisan yang diterbitkan. Insya Allah saya akan sangat berterima kasih atas atensi, pendapat, saran, rujukan dan lain sebagainya dalam mencari dan mengetahui kebenaran dari hukumNya dan sunnah Rasul serta mengetahui kesalahan.
Aku memohon ampunan kepada Allah atas kesalahan yang mungkin dibuat atau terbuat dalam blog ini.. Sungguh, aku hanyalah hamba dan orang yang dhoif.. Kesempurnaan hanya MilikNya, Maha Besar Allah dengan segala rahasiaNya..

1 komentar: